Minggu, 16 Februari 2014

Keuntungan dan Kelebihan Virus

Struktur Virus
               Kerugian dari virus adalah dapat menyebabkan banyak sekali penyakit - penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Semua virus adalah parasit obligat, artinya hanya dapat hidup di dalam organisme lain dengan cara mengambil keuntungan dari organisme yang ditumpanginya tersebut, sehingga sel inangnya itu akan mendapat kerugian.

                Keuntungan dari virus adalah dapat digunakan di dalam usaha - usaha yang berkaitan dengan kesehatan. Virus biasanya digunakan untuk memindahkan materi genetik dari satu bakteri ke dalam bakteri lainnya yang tidak mungkin dilakkan oleh manusia. Berdasarkan prinsip itu, maka virus digunakan untuk keperluan berikut :
  • Membuat antitoksin
DNA manusia yang mengontrol suatu antitoksin terhadap suatu penyakit dipindahkan oleh virus kepada bakteri tertentu. Dengan begitu bakteri tersebut akan memiliki dan memproduksi antitoksin yang dimiliki manusia. Setelah bakteri tersebut dibiakkan dan dipanen, maka antitoksin tadi dapat digunakan kembali ke dalam tubuh manusia lainnya yang memerlukan antitoksin tersebut.

  • Melemahkan bakteri
Jika DNA virus lisogenik masuk ke dalam DNA bakteri patogen (penyebab penyakit), maka bakteri tersebut menjadi tidak berbahaya sehingga dapat digunakan dalam vaksinasi manusia

  • Memproduksi vaksin 
Vaksin yang didapat dari bakteri yang telah dilemahkan, jika disuntikkan ke dalam tubuh manusia tidak akan menimbulkan penyakit, melainkan tubuh manusia itu akan memproduksi antibodi untuk patogen tersebut sehingga suatu saat jika penyakit patogen sebenarnya menyerang, tubuh manusia tersebut akan dapat melawan patogen tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar